24 Juni 2016

Focus Never End (note)

Adalah slogan yang dari awal tahun 2010 memotivasi diriku ini untuk terus maju dan berkarya dalam dunia blogger.

Focus Never End

Tidak terlalu banyak karya signifikan, tapi cukup banyak ilmu yang aku peroleh dari bermain blogspot. Pertama kali belajar blogging menggunakan platfrom blogger atau blogspot.

Terlalu sering utak atik kode HTML pada template sehingga banyak waktu-waktu terbuang hanya untuk koding.

Dan itu pun belum membuatku menemukan jati diri sebagai seorang blogger. Masih belum puas dengan karya yang ada.

Kemudian mencoba hal baru dengan menggunakan platfrom wordpress self-hosted dengan domain pribadi.

Yang awalnya di blogspot hanya gratisan, kali ini mencoba sesuatu yang premium (berbayar).

Untuk bisa lebih memahami tentang apa itu penyimpanan host dan cara kerja website self-hosted. Kemudian cara kerja domain atau sub-domain. Awalnya beralamatkan di http://vnoteku.com tahun 2012-2013 dengan memberi slogan Catatan Virtualku. Kemudian membuat website profil dengan alamat http://ivandysultan.com tahu 2015-sekarang. Semua itu juga masih belum memunculkan passion pada blogging. Ya, memang pada website yang terakhir ini tidak terlalu banyak mengutamakan iseng atau koding. Tapi prioritas ingin cari keuntungan terhadap website itu juga membuat aku seringkali merasa tertekan dan kurang ikhlas dalam menulis. Berkesan terlalu dibuat-buat. Belum ditambah dengan masalah punya smartphone baru yang selama ini tidak pernah aku dapatkan yang seperti ini. Nanti aku ceritakan pengalaman menggunakan Xiaomi MI 4i. Ditambah dengan proses menuju pernikahan. Koq malah jadi kayak gini…? Dalam hati aku sering mengeluhkan hal tersebut. Fokusku semakin lama semakin luntur walaupun perasaan tidak ingin menyerah masih ada. Seiring berjalannya waktu, aku juga semakin tidak mengerti passion ku ini dalam dunia apa? Karena akhir-akhir ini juga sedang menikmati kisah di dunia fotografi dan videografi. Hahahahaaa… Akhirnya dalam tahap ini aku membuat konklusi bahwa memang sebenarnya aku tidak pernah berhenti untuk fokus (focus never end) pada hal-hal tertentu yang saat itu sedang ingin sekali aku lakukan atau menikmatinya. Sudahlah, intinya aku menikmati itu semua dan sudah mencapai tahap saat ini. Jika aku tidak melakukan semua itu, belum tentu juga aku memahami hal-hal seperti ini.

Posting Komentar

Ketik dan tekan ENTER untuk pencarian